Saturday 1 June 2013

Pengetahuan

Sejarah blogger di lndonesia

Written By Anisa Indra on Monday, January 30, 2012 | 11:05 PM


Menurut Enda Nasution, blogger di Indonesia dapat dibagi kedalam tiga generasi, yaitu: Generasi pertama (tahun 1998-2001), dan biasanya berkumpul di mesin msn.or.id (sekarang sudah tidak ada). Directory sempat dibuat di http://www.coolnetters.com/indoblog.html. Isi blog kurang lebih masih berupa jurnal pribadi. Tool yang digunakan adalah livejournal dan blogger.com.

Generasi kedua, tahun 2001-2002-an. Enda Nasution termasuk dalam generasi ini. Isi blog masih lebih bersifat pribadi. Di generasi kedua ini mulailah bermunculan komunitas-komunitas blogger, seperti: blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta). Jumlah blogger mulai banyak, dan sempat mengadakan temu darat. blogbugs.com sampai saat ini masih menjadi satu-satunya direktori blogger Indonesia. Tool yang digunakan adalah blogger.com, MT, dan pMachine

Generasi ke tiga, dari tahun 2004 sampai hari ini, dan tumpang tindih dengan generasi ke dua. Generasi pertama karena satu dan lain hal sudah tidak ada lagi. Generasi ketiga lebih 'techie' dan berkumpul di id-gmail. Pada generasi ketiga ini mulai banyak blog dengan topik khusus yang tidak lagi bersifat jurnal pribadi. Biasanya blog-blog ini adalah blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah memiliki blog jurnal. Tool yang digunakan ialah wordpress, dan MT.

No comments:

Post a Comment

 
Tasya-Pintar © 2011 Templates | uzanc